SAMPAH DAN CILEDUG

SAMPAH dan CILEDUG

Timur kota Tangerang,

Ciledug, sebuah kota kecil yang berkembang pesat dengan tumbuh kembangnya berbagai gedung perniagaan, memiliki pasar tradisional baru "Pasar Lembang". Pasar yang selalu berubah muka. Suatu saat jalan masuk kepasar ini bersih dari pedagang dikiri-kanannya, disaat yang lain penuh pedagang, disaat yang lain lagi digusur atau entah diapakan lalu menghilang dan bersih lagi. Begitu terus berulang. Sebetulnya pasarnya terletak dibelakang sebuah tanah kosong yang dikelilingi pagar cukup tinggi.

Bukan pasar yang menjadi kegundahanku.
Setiap pagi hari, ketika para pekerja berangkat kekantor atau aktivitas yang lainya dan melewati "pasar Lembang" akan memperoleh suguhan sebuah pemandangan yang kurang nyaman dipandang mata. Bukan keindahan taman kota ataupun jajaran toko yang nyaman, bukan itu. Tapi sampah yang berada disepanjang median jalan "Rd. Fatah" yang berada didepan Pasar Lembang. Ada berjajar kantong plastik beraneka ukuran dan warna berisi sampah yang berjajar disepanjang median jalan. Sepanjang mata memandang tepat ditengah jalan ada kantong-kantong sampah, aneh ya. Memang aneh ada median jalan yang menjadi tempat sampah yang cukup panjang, ya..cukup panjang.

Ya memang setiap hari juga sampah itu kemudian diangkut oleh truk dari dinas kebersihan dan pada siang harinya kembali bersih.

Tetapi masalahnya adalah 2 atau 3 jam sampah yang ada dipagi hari itu memberi image yang kurang bagus khususnya untuk kota Ciledug atau Tangerang secara umum. Bila orang melewati jalan Rd. Fatah tepatnya didepan Pasar Lembang akan mengambil kesimpulan secara general " Kumuh amat kota Ciledug".

Siapa yang harus dibenahi, pemahaman dan kesadaran masyarakat/pedagang atau pemerintah setempat yang tidak memiliki program bagaimana menyadarkan masyarakat.

Pertanyaannya "Begitu sulitkah memenej sampah di kota Ciledug ini?". Atau mungkin nggak sih diberikan gerakan penyadaran masyarakat atau pedagang tentang pentingnya kebersihan dan keindahan? atau apapun bentuknya, tentu yang lebih menyenangkan bila melihat kota "CILEDUG" yang bersih, indah dan aman. Mungkin gak sih...?

Comments :

0 komentar to “SAMPAH DAN CILEDUG”

Posting Komentar

 
Bagaimana mengubah blog WordPress menjadi MESIN UANG yang MEMATIKAN !! Tutorial komplit dilengkapi Software dan Script Siap Pakai